Tuesday, July 5, 2011

TEST KEMAMPUAN BERADAPTASI PADA PSIKOTEST

1.   Penjelasan

Banyak yang beranggapan bahwa inteligensi adalah kemampuan untuk belajar. Ada juga yang beranggapan bahwa inteligensi adalah kemampuan untuk memecahkan masalah. Masih ada juga yang mendefinisikan inteligensi sebagai kemampuan untuk beradaptasi, yaitu kemampuan untuk menyesuaikan diri dengan kondisi-kondisi tertentu. Bahkan ada juga aliran pemikiran lainnya yang beranggapan bahwa inteligensi juga mencakup kekuatan tubuh, kecepatan refleks, dan ciri-ciri khas fisik lainnya. Menurut pemikiran mereka, bila inteligensi itu memang
ada kaitannya dengan adaptasi, maka bukankah orang yang lebih kuat dan cepat lebih baik posisinya daripada yang lebih lemah dan lebih lamban?

Pengarahan inteligensi dalam buku ini tidak melibatkan fungsi-fungsi tubuh dari leher ke bawah. Hal ini karena pada akhirnya fungsi dari tingkatan otak yang menentukan adaptasi yang paling besar. Memang harus diakui bahwa manusia memang tidak akan mencoba mencakar musuhnya sampai mati.

Semua sependapat bahwa hal inilah yang disebut sebagai adaptasi. Semua juga setuju bahwa hal ini yang dapat disebut sebagai inteligensi, meskipun mungkin ada perbedaan-perbedaan pendapat mengenai makna yang sesungguhnya.

Sesungguhnya kontradiksi antara definisi yang satu tidak sebesar itu bila dibandingkan dengan definisi yang lain. Jadi kemampuan untuk belajar sesungguhnya merupakan kemampuan untuk mencoba “menyelesaikan masalah”. Seekor burung kakatua dapat belajar dengan terus mengulang kembali serangkaian suara tertentu. Tetapi meskipun burung itu dapat mengucapkan satu sampai sepuluh, dia tidak akan mampu menghitung berapa orang yang ada di sekitarnya. Maka burung kaktua disebutkan kalah inteligensinya daripada orang.

Demikian juga kemampuan untuk beradaptasi. Ber-adaptasi pada lingkungan dapat juga diartikan memecahkan masalah yang diakibatkan oleh lingkungan oleh lingkungan tersebut.

Menemukan Relasi

Bila kita telaah lebih lanjut mengenai masalah penyesuaian diri, para psikolog telah menemukan hubungan yang erat antara kemampuan adaptasi tersebut dengan kemampuan untuk menemukan dan menyadari adanya kaitan antara yang satu dengan yang lainnya.

Melalui pengalaman kita sendiri, kita tahu bahwa jika kita menghadapi suatu situasi yang baru, maka dengan sendirinya kita juga akan dihadapkan dengan masalah-masalah yang baru. Semakin cepat kita berhasil menemukan elemen-elemen yang baru itu dan mengetahui bagaimana kaitan antara yang satu dengan yang lain, maka semakin cepat juga kita dapat memecahkan masalah-masalah tersebut.

Pertanyaan-pertanyaan yang diajukan dalam hal ini merupakan bagian dari pertanyaan/tes IQ secara keseluruhan. Bila nilai IQ kita itu mengecewakan, mungkin tes yang ini dapat mengungkapkan sebab-sebabnya. Elemen-elemen
dalam setiap baris merupakan satu rangkaian dengan hubungan tertentu antara yang satu dengan yang lain.


2.    Bentuk Soal Tes Kemampuan Beradaptasi


Soal tes berikut merupakan bagian tes untuk menguji kemampuan Anda dalam hal beradaptasi. Perhatikan barisan-barisan angka, huruf, gabungan angka dan huruf, serta gambar (diagram) di bawah ini. Tentukanlah rangkaian selanjutnya.

1.    10, 8, 16, 13, 39, 35, ...
Jawab : 140
2.    5, 6, 4, 7, 3, 8, ...
Jawab: 2
3.    3, 8, 5, 10, 7, ...
Jawab : 12
4.    20, 17, 14, 11, ...
Jawab : 8
5.    26, 20, 4, 16, 10, 2, 8, ...
Jawab: 2
6.    47, 38, 30, 23, 17, ...
Jawab: 12
7.    16, 15, 13, 12, 10, 9, ...
Jawab: 7
8.    1, 3, 9, 27, ...
Jawab: 81
9.    30, 15, 45, 15, 60, ...
Jawab: 15
10.  24, 15, 9, 6, ...
Jawab: 6
11.  1, 10, 2, 9, 3, ...
Jawab: 8
12.  AA, B, D, G, K, P, ...
Jawab: V
13.  M, L, N, K, O, J, ...
Jawab: Q
14.  J, L, N, P, R, ...
Jawab: T
15.  AA, C, BB, D, ...
Jawab: C C
16.  A, Z, Y, B, X, W, ...
Jawab: C
17.  H, g, F, e, D, c, ...
Jawab: B , a
18.  A, C, B, d, F, E, g, ...
Jawab: I, H
19.  B, Y, d, W, ...
Jawab: f, U
20.  C, e, C, E, g, E, ...
Jawab: G, i
21.  I, Z, 3, X, 4, ...
Jawab: W
22.  2, B, 4, D, 6, ...
Jawab: F

TEST KEMAMPUAN BERADAPTASI PADA PSIKOTEST Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Lowongan Kerja Cpns Terbaru

0 comments:

Post a Comment