,

BENTUK-BENTUK SOAL TES IQ

Saturday, July 2, 2011

A.   PENDAHULUAN

Tes IQ adalah salah satu bentuk pemeriksaan psikologis yang tujuannya mengukur tingkat kecerdasan seseorang. IQ sendiri merupakan nilai kecerdasan yang menunjukkan tahapan atau kelompok seseorang itu berada kategori seperior, cerdas, atau rata-rata. Melalui tes IQ dapat diperlihatkan perbedaan antara yang satu dengan yang lainnya.

Tes IQ bukan untuk mengukur jumlah pengetahuan yang kita miliki atau seberapa banyak yang kita simpan dalam otak kita, melainkan untuk mengetahui kapasitas yang kita miliki untuk diketahui. Maksudnya, bukan pada apa yang telah pelajari, tetapi lebih dikhususkan pada kemampuan kita untuk belajar.

Penelitian psikologis telah berhasil menemukan hubungan antara inteligensi sehingga digunakan sebagai petunjuk inteligensi seseorang.



B.   KEMAMPUAN INGATAN

1.   Penjelasan



Satu kekurangan akan menyebabkan kekurangan pada bagian lainnya. Bila kita sulit berkonsentrasi, maka dengan sendirinya ingatan dan kemampuan untuk melihat serta mengingat pun juga akan menurun. Tetapi ada harapan bahwa kemampuan-kemampuan seperti ini dapat dilatih dan ditajamkan. Bila kita tidak terlalu kuat dalam kemampuan ingatan, maka ada baiknya kita berlatih secara sistematis, mencoba mengingat kata-kata, benda- benda dan lain sebagainya.

Kelemahan di suatu bidang kadangkala bisa diatasi dengan kekuatan di bidang lainnya. Misalkan persepsi kita kurang kuat, tetapi ingatan kita tajam dan kuat. Dalam hal ini hasil tes mental kita mungkin sama nilainya dengan mereka yang kuat persepsinya tetapi kurang kuat ingatannya. Sama halnya seperti seseorang yang kurang inteligensinya, tapi mempunyai pengalaman yang luas. Kadangkala ia dapat memecahkan masalah hidup yang lebih baik bila dibandingkan dengan orang yang tinggi inteligensinya, tetapi kurang pengalaman. Hal ini dapat menunjukkan bahwa pengalaman dengan sendirinya memberi informasi yang lebih banyak pada otak sehingga ia dapat mengadakan pilihan yang lebih luas, lebih mampu pula mengkaitkan antara satu elemen dengan elemen yang lain, sehingga akhirnya pengambilan keputusannya mungkin merupakan tindakan yang paling tepat.


Jenis-jenis Ingatan

Ingatan dapat dibagi menjadi beberapa jenis sesuai dengan jenis-jenis bayangan yang disimpan. Kita mengingat apa yang kita dengar, lihat, sentuh, rasakan, dan raba. Daya ingat visual dengan sendirinya yang paling sesuai dengan tes-tes melalui buku ini.

Bila kita mencoba untuk menilai inteligensi, maka seharusnya kita mencoba untuk memisahkannya dari pengalaman. Sehingga apa yang disebutkan sebagai kemampuan ingatan atau daya ingat itu merupakan suatu komponen terpisah, bahkan mungkin dapat dikaitkan dengan tingkatan sensoris. Jadi, seseorang yang mampu

mengingat dengan ketepatan yang luar biasa belum tentu mempunyai inteligensi yang tinggi.

Walaupun demikian, daya ingat merupakan bagian yang penting sekali dalam proses belajar. Kemampuan untuk menyimpan penglaman meskipun bukan merupakan bagian kemampuan untuk menyesuaikan diri, tapi tetap merupakan faktor penentu yang potensial.

0 comments

Post a Comment