,

KEMAMPUAN MENGENAI RUANG | Test Psikotest

Wednesday, July 6, 2011

1.   Penjelasan

Kemampuan mengenai ruang merupakan salah satu elemen penting dari kecerdasan seseorang. Misalnya seorang yang buta tidak dapat melihat rumahnya yang sedang dibangun, dengan menggunakan pendengaran untuk mendengar penjelasan dari para tukang yang membangun rumah tersebut, ia sudah mempunyai gambaran rumah tersebut di dalam pikirannya sendiri. Sesuai dengan kemampuannya mengenai ruang itu, ia dengan mudah membayangkan bentuk yang terindah dan sudut yang terbaik untuk pemasangan atap rumahnya itu.

Kemampuan di atas merupakan imajinasi dan pemikiran mengenai ruang yang penting dalam berbagai kemampuan manusia, karena hal ini tidak hanya persepsi sensoris sederhana saja. Imajinasi dan pemikiran sulit dipisahkan satu dengan yang lainnya. Sayangnya, berbagai tes “mengenai ruang” yang paling dikenal dan paling banyak digunakan ternyata gagal menjadi penghubung antara “persepsi” dan imajinasi atau pun “logika”.

Bentuk-bentuk soal dalam tes kemampuan mengenai ruang ini merupakan soal-soal yang membutuhkan kemampuan untuk menemukan perbedaan, persamaan, bentuk, dan ukuran yang sejajar. Dalam penilaian persepsi, kemampuan ini memang sangat penting, tetapi sering hanya dipakai sebagai petunjuk dalam penggolongan kecerdasan, atau sebagai petunjuk bakat mekanis atau artistik. Bentuk soal-soal yang menguji kemmapuan mengenai ruang ini sering digunakan hanya untuk tes pendamping saja.

Kemampuan untuk mengetahui sifat-sifat khas ruang dengan “melihat” bukan merupakan suatu kemampuan yang menentukan, karena yang penting bukan penglihatan ruang dan bentuk tetapi apakah manfaat ruang dan bentuk ini dapat digunakan sebagai bahan baku untuk berimajinasi dan berlogika.

Bentuk-bentuk soal untuk menguji kemampuan mengenai ruang berikut merupakan tes yang menekankan faktor logika dan tes lainnya lebih menekankan faktor imajinasi.

0 comments

Post a Comment