,

Test Skala Kematangan (Bagian IV)

Tuesday, August 23, 2011

Tes Skala Kematangan : Apakah anda masih tidak yakin betapa pentingnya kepribadian untuk karir anda? Anda merasa tidak apa-apa ketika dokter bedah membuat satu “jentikan”, tersenyum, atau pendekatan yang tiba-tiba pada saat dia mengambil pisau bedahnya! Atau sama sekali anda tidak merasa apa-apa, ketika anda menaiki pesawat untuk membawa anda berlibur ke Majorca, sedangkan teknisi pesawat menetapkan pesawat tidak “laik terbang”.

Dan kalau anda seorang pimpinan, anda akan melihat tidak ada keuntungannya untuk menyanggupi ketidakpuasan salesman atau takut meneriaki suatu kependirian. Dalam karya kami dikaitkan dengan panduan vokasional, kami menjumpai ribuan orang dalam diskusi karir yang berpikiran bodoh atau melanjutkan karirnya yang tidak konsisten dengan jenis kepribadiannya. Terlalu sering kita melihat seseorang berusaha mencapai sesuatu di mana dia tidak memiliki karakteristrik yang diperlukan dan akibatnya mengalami kegagalan. Ini tidak perlu. Adalah lebih baik menikmati apa yang cocok anda lakukan.

Di sini sekali lagi, sedikit kesadaran-diri membantu. Kekerasan kepada dan determinasi dapat menjadi kualitas-kualitas menarik dan akan membantu anda mencapai suatu tugas, tapi kalau terlalu jauh dari kualitas-kualitas tersebut dapat berubah menjadi kebodohan yang luar biasa. Hal ini jauh dari masuk akal, kalau anda menemukan karir yang menekan, mengatasinya dan berusaha untuk menyesuaikannya. Anda jangan memaksakannya dengan uang atau karena anda berusaha membuktikan sesuatu untuk diri anda.

Berapa pun usia anda sekarang, kepribadian anda akan memiliki ciri tersendiri dan karena itu kita bisa mengaplikasikannya untuk bidang-bidang pekerjaan tertentu. Bagaimanapun, anda pelru mengingat bahwa kepribadian anda bisa terlihat tumbuh atau berubah ketika anda menjadi lebih sadar akan potensi-potensi anda. Bahkan dengan menyelesaikan kuesioner kepribadian berikut ini akan dapat membantu anda untuk meningkatkan kesadaran-diri anda, sehingga anda kelihatan lebih baik diri anda sebelumnya! Tapi jangan mengharap suatu perubahan yang sangat radikal atau cepat, dan jangan memasuki karir yang tidak cocok dengan karakteristik anda karena anda harus sadar bahwa banyak orang yang berbeda dengan anda.

Akankah tes kepribadian memberitahukan anda sesuatu yang sebelumnya anda tidak tahu mengenai diri anda? Mungkin tidak; tapi minimal anda tahu diri anda lebih baik ketimbang orang lain. Pada saat yang sama anda tidak tahu bagaimana menghubungkan kepribadian anda dengan pekerjaan tertentu. Tes kepribadian akan membantu

untuk menyusun gagasan tentang kepribadian dengan cara yang bermanfaat. Tes itu tidak akan mengukur seluruh kepribadian anda dan bukan dimaksudkan berhubungan dengan aspek-aspek personal dan kehidupan pribadi anda. Di sini kita hanya berhubungan dengan bagaimana kepribadian anda berkaitan dengan satu jenis pekerjaan ketimbang pekerjaan lainnya. Tak seorang pun memiliki kepribadian multi-potensial, dan di sini kita melihat untuk mencapainya dengan beberapa cara, sebatas pada apa yang bisa kita capai dari sekian banyak kemungkinan yang ada.

Mari kita ambil satu kasus tentang kepribadian menjual di mana banyak orang akan setuju memiliki karakteristik-karakteristik tertentu. Hal ini kontras dengan banyak karakteristik yang diperlukan dalam karir-karir lainnya, misalnya, karir di bidang peneliti saintifik. Bagi seorang salesman keterampilan interpersonal adalah yang utama dan didahulukan, sedangkan kemampuan teknis biasanya sebagai persyaratan kedua. Hal ini kebalikan bagi seorang peneliti: di mana sangat vital keterampilan dan pengetahuan tentang pekerjaan-pekerjaan dengan kemampuan teknis yang tinggi.

Di sini, anehnya, fenomena-fenomena ganjil terjadi: salesman sering cukup puas dengan pendidikan dan mengharapkan memiliki ketenangan, lebih memiliki disposisi akademis; sebaliknya peneliti terkadang merasa bahwa perkembangan karir suatu hal yang sangat diperlukan, bukan lulus karena keluarbiasaan, tapi karena kekurangan dalam hal keramahtamahan dan keyakinan. Jelaslah bahwa ini tidak selalu menjadi kasus, tapi kita menyaksikannya cukup untuk tahu bahwa banyak orang-orang besar mengagumi karakteristik-karakteristik yang ada pada orang lain yang dia sendiri tidak memilikinya. Bagaimanapun, adalah bijaksana untuk konsentrasi meningkatkan aspek-aspek kepribadian kita dan sejauh mana kita ingin mengubah diri sendiri.

0 comments

Post a Comment