,

Test Kepribadian | Soal, Tips dan Panduan

Thursday, August 25, 2011

Test Kepribadian : Adalah mudah untuk mengenali apakah yang bisa dihasilkan oleh tes kemampuan ketimbang tes kepribadian. Malahan anda bisa merasa bahwa tes kepribadian mencoba untuk mengenali diri anda. Hal ini sebenarnya bukanlah kasus! Kalau anda mencoba menerka pertanyaan kedua atau menjawab menurut apa yang anda ketahui bahwa itu tidak betul, orang satu-satunya yang akan mengenali diri anda adalah anda sendiri. Sasarannya bagi anda adalah melihat aspek-aspek tertentu tentang kepribadian anda sejelas mungkin. Selanjutnya anda dapat menghubungkan cara ekspresi tipikal kepribadian anda itu sendiri dengan jenis kerja tertentu.

Ketika anda mengikuti tes-tes ini, bisa jadi anda akan menjawabnya dengan satu cara sekarang ini, tapi akan berbeda cara di lain hari, dan karena itu meresponinya juga dengan cara-cara yang berbeda. Perasaan berubah dari hari ke hari bisa saja terjadi, namun jawaban-jawabannya tidak akan pernah berubah.

Ketika anda merespon tes kepribadian, adalah lebih baik memikirkan diri anda sebagaimana anda sekarang. Jangan berpura-pura seolah-olah orang lain, dan jangan memikirkan diri anda sebagaimana yang anda sukai atau anda akan menjadi apa. Sebagaimana kenyataannya, hampir setiap orang berpikir bahwa ada orang hanya dialah yang berpeluang baik dan selanjutnya akan muncul. Dalam kenyataan hal itu benar, karena tidak seorang pun selalu sempurna kepuasan-dirinya, dan karenanya kita berusaha untuk mengubah diri kita sendiri dengan cara kita.

Meskipun maskud tes ini untuk menemukan siapa sebenarnya anda, tapi akan lebih berguna kalau anda meresponi tes ini dengan sejujurnya, baik perasaan maupun perilaku anda. Dengan cara ini kita akan mampu menarik beberapa kesimpulan praktis.

Kalau anda benar-benar memiliki dua pikiran ketikan mengikuti tes, maka lebih baik mengikutinya dua kali. Pertama, semuanya anda ikuti sebagaimana anda merasa apa adanya anda sekarang, dan lihat bagaimana hasilnya. Kemudian ikuti lagi, camkan dalam ingatan bahwa kepribadian anda benar-benar yang sebenarnya anda miliki. Selanjutnya anda akan mampu melihat apakah anda akan benar-benar menyukai jenis kerja yang dilakukan orang lain dengan karakteristik yang anda miliki. Anda dapat melakukan tes ini untuk minat anda ketimbang tujuan-tujuan praktis.

Bagaimanapun, kalau anda menjadi bingung pada akhir tes mengenai kepribadian anda yang cocok dengan karir anda atau anda ingin mengubah kepribadian anda menurut apa yang anda sukai, maka sebaiknya anda menjumpai penyuluh pemandu vokasional anda.

0 comments

Post a Comment