,

Test Skala Kematangan (Bagian III)

Monday, August 22, 2011

Test Skala Kematangan (Bagian III) : Selanjutnya, apa yang dimaksud dengan kepribadian “normal” anda? Tak diragukan lagi, anda memiliki kepribadian yang dikenali dan disukai oleh orang-orang yang mengetahui anda. Anda bertingkah laku dan bertindak dalam cara-cara yang berkarakteristik. Tak pelak lagi mengapa orang membuat hubungan-hubungan dengan anda; dan mengapa anda dikenali oleh kawan lama atau kawan baru meskipun telah bertahun-tahun tidak bertemu, walaupun sebenarnya anda telah banyak berubah. Orang mengatakan, “Anda tidak banyak berubah.”

Oleh karena itu orang dapat mengidentifikasikan dan menetapkan karakteristik kepribadian sehingga dengan sendirinya hal ini bisa dikaitkan dengan suatu pekerjaan. Tapi harus diingat bahwa ketika kepribadian diri anda tumbuh dan berubah, anda harus memilih karir yang tidak menyusahkan anda. Beberapa karir bisa juga akhirnya mematikan anda: karir tersebut bisa sangat menyenangkan dan berkesan jika karir tersebut cocok dengan kehidupan kerja anda, tapi karir tersebut dapat menjadi perangkap kalau anda memilih jalan karir yang tidak sesuai.

Misalnya, atribut kepribadian anda cenderung kepada hal-hal yang faktual, maka anda akan bisa lulus ujian dan memperoleh karir sebagai pakar teknik – barangkali anda sekarang seorang ahli teknik atau santis, atau barangkali anda menjadi seorang ahli statistik atau komputer. Tapi selanjutnya anda harus menyadari bahwa anda tidak akan selalu sesuai dengan rekan-rekan sekerja anda. Anda bisa memutuskan memiliki beberapa kualitas-kualitas kepemimpinan dan ingin menduduki posisi-posisi tertentu dalam manajemen. Apakah ada peluang-peluang dalam karir yang anda pilih pada permulaan untuk meluaskan diri dan mencari tantangan baru, atau akankah anda harus memulai keseluruhannya lagi?

Meskipun banyak orang sekarang ini berhasrat pada karir kedua, dan tak diragukan lagi bahwa buku ini akan membantu mereka, kerap hal ini merupakan reorientasi yang sulit dan memusingkan. Kami lebih menyukai karir anda mengalir secara alami ke depan dan ke atas ketimbang mengisinya dengan memulai, berhenti dan kembali mulai lagi.

0 comments

Post a Comment