Tuesday, July 12, 2011

SOAL-SOAL TES UNTUK SUPERINTELIGENSI

A.   PENDAHULUAN
Hampir semua orang, apakah dia seorang yang pintar atau bodoh, cenderung yakin bahwa kecerdasan itu baik dan kurang cerdas berarti buruk. Suatu refleksi kecil yang sebenarnya, bagaimanapun tidaklah semudah itu. Walaupun orang yang sangat cerdas sering menerima banyak simpati untuk kecerdasannya tetapi dengan sesuatu cemoohan kecil akibat impian yang tidak terbayangkan sudah membuatnya sangat menderita.

Ada beberapa masalah pada orang-orang yang sangat cerdas, walaupun mereka hampir selalu memulai lebih awal. Percakapan berikut, antara seorang guru dan seorang siswa yang cerdas, merupakan suatu kasus yang benar-benar menakutkan.

GURU:   saya akan membacakan barisan bilangan: 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7. Bilangan manakah yang habis dibagi 2? SISWA:   semua bilangan itu.
GURU:   coba lagi, dan kali ini pikirkan.

SISWA:   (sesudah beberapa saat): Semua bilangan itu.

GURU:   Baiklah, bagaimana kamu membagi habis 5 dengan 2? SISWA:   2 ½ dari 2 ½ .
GURU:   jika kamu sudah merasa pintar, maka silahkan meninggalkan ruangan ini.
 
Cerita lainnya, suatu cerita yang sebenarnya, adalah cerita seorang siswa SMA yang ditanya pada saat ujian untuk menjelaskan suatu metode dalam menghitung tingg suatu bangunan dengan menggunakan barometer. Siswa yang sungguh cerdas menjadi bosan dengan jawaban yang jelas, sehingga membuat penjelasan tidak hanya dengan 1
tetapi dengan 2 metode alternatif, yaitu:


1)    Bawa barometer dan jatuhkan dari puncak gedung, tentukan interval waktu sampai barometer itu hancur di atas tanah. Kemudian, gunakan rumus percepatan benda jatuh, dan hitung tinggi bangunan.
2)    Kita masuk ke dalam bangunan cari pemilik bangunan dan katakan kepadanya: “Jika kamu mau mengatakan berapa tinggi bangunan ini, saya akan memberikan sebuah barometer yang bagus”.
Akhir cerita melaporkan siswa tersebut berada dalam masalah besar dengan pimpinan administrasi sekolah. Inteligensia tentu bukan hanya suatu masalah bagi orang muda. Mahasiswa pada suatu Universitas terkemuka di
Amerika Serikat melaporkan abhwa yang memiliki IQ tinggi selalu menciptakan masalah untuk menemukan
solusinya, sampai seseorang pernah membenturkan kepala sendiri ke dinding. Sebaliknya orang-orang bisnis dengan IQ rata-rata, yang bingung menghadapi perkalian pecahan, sering lebih baik dalam memecahkan suatu masalah.

SOAL-SOAL TES UNTUK SUPERINTELIGENSI Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Lowongan Kerja Cpns Terbaru

0 comments:

Post a Comment