Saturday, July 9, 2011

TES IQ KECERDASAN DAN KREATIVITAS

A.   PENDAHULUAN


Pada tes ini, Anda akan menghadapi pertanyaan-pertanyaan yang dirancang secara hati-hati untuk menguji tingkat inteligensi Anda. Tes ini diperuntukkan bagi setiap orang yang telah berumur 12 tahun ke atas. Seharusnya, tes ini diadakan hanya pada saat Anda dalam keadaan pikiran yang tenang, penerangan lampu yang baik dan kondisi sekeliling yang tenang. Kerjakanlah dengan hati-hati sesuai batas waktu yang ditentukan tanpa bantuan orang lain.

Setelah menyelesaikan tes ini, terdapat tabel nilai dan jawaban dari berbagai pertanyaan yang bervariasi tersebut, serta dicantumkan secara menyeluruh sehingga Anda dapat memahami tujuan utama tes ini. Bagian penting selanjutnya dari buku ini adalah adanya pembahasan tentang cara penilaian dan bagaimana tes ini diukur.

Suatu pembahasan penting mengenai fungsi otak sebelah kiri dan otak sebelah kanan serta hubungannya pada penilaian kecerdasan. Dengan demikian, bila tes ini sendiri bisa memberikan penilaian inteligensi dengan akurat, maka akan banyak kemmapuan intelektual seseorang yang dapat diukur, seperti kreativitas, bakat musik, dan keahlian-keahlian psikomotor yang biasanya tidak bisa diukur dengan suatu tes IQ. Hal-hal seperti itu akan diselidiki (dibahas) pada bagian lain buku ini. Jadi, untuk memperoleh pemahaman yang menyeluruh mengenai tingkat inteligensi seseorang disarankan untuk mengulang kembali setiap pertanyaan dalam tes IQ ini.

B.   CONTOH-CONTOH PERTANYTAAN


1.   Perbandingan
Dalam tes IQ , beberapa pertanyaan yang diajukan merupakan keselarasan perbandingan. Contoh 1:
Pilihlah yang paling tepat dalam perbandingan berikut. Kapal terhadap air seperti kapal terbang
terhadap...

A.    Matahari
C. air    E. pohon
B.    Tanah

Jawab: D    D. langit   

Perjalanan suatu kapal berada di air. Hla ini dapat dibandingkan terhadap perjalanan kapal terbang yang berada di
langit. Jadi, jawaban yang tepat adalah D (langit).

TES IQ KECERDASAN DAN KREATIVITAS Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Lowongan Kerja Cpns Terbaru

0 comments:

Post a Comment